Subscribe
Menyediakan Berbagai Macam Spare Parts Mobil dan Asesoris

Bisnis Bengkel Kendaraan Bermotor

Dicopy dari Anne Ahira : http://www.anneahira.com/bisnis-bengkel.htm

 

Bisnis Bengkel Mobil

Bisnis Bengkel

Bisnis bengkel memang sangat menarik. Betapa tidak? Coba Anda posisikan diri sebagai sebagai pemilik kendaraan.

 

Anda mungkin memiliki beberapa buah mobil sebagai alat transportasi pribadi. Sayangnya, pengetahuan Anda tentang kendaraan sangatlah terbatas. Anda akan sangat tidak berdaya ketika kendaraan itu tiba-tiba mogok atau rusak. Anda mungkin bertanya-tanya, apa yang harus Anda lakukan selanjutnya?

Segera ke bengkel! Itu mungkin jawaban Anda. Bengkel menjadi solusi yang terbaik dalam setiap situasi jika tak ada seorang pun yang bisa membantu Anda memerbaiki kendaraan.

Bisnis bengkel mandiri lebih mudah pendiriannya daripada bisnis bengkel kemitraan. Prospek ke depannya juga bagus mengingat pertumbuhan penjualan motor atau mobil terus mengalami peningkatan.

Untuk memulai sebuah bisnis bengkel motor umum, modalnya lebih kecil dibanding dengan bengkel resmi (sistem kemitraan). Jika tidak terlau banyak memiliki modal, Anda bisa membuka bisnis bengkel non-kemitraan. Namun, jika Anda memiliki modal yang besar, Anda bisa menjalankan bisnis bengkel dengan sistem kemitraan.

Dalam memulai bisnis bengkel nonkemitraan, Anda hanya perlu menyediakan peralatan standar seperti kompresor dan peralatan bengkel lainnya. Anda juga harus menyediakan uang untuk stok spare part dan aksesoris. Aksesoris ini diperlukan karena keuntungan servis bengkel terbesar biasanya dari hasil modifikasi yang diinginkan pelanggan. Tapi jangan lupa, kepuasan konsumen dilihatdari hasil kerja Anda.

Jenis-Jenis Bengkel

Bengkel yang kita kenal umumnya hanya bengkel yang ada disekitar masyarakat atau bengkel umum tapi jika kita menilik dari jenis jasa yang ditawarkan bengkel dapat dibagi menjadi 3 jenis. Adapun ketiga jenis bengkel tersebut antara lain

1. Bengkel resmi

Bengkel resmi merupakan bengkel yang diakui secara resmi oleh salah satu merk kendaraan bermotor. Umunya bengkel ini berdiri bersama dengan dealer penjualan sepda merek tersebut. Jika kita ingin mendirikan bengkel ini harus menghubungi lebih lanjur kator service center merk kendaraan tersebut untuk dilakukan kerjasama dalam pendirian bengkel ini.

2. Bengkel umum

Bengkel umum adalah bengkel yang tidak terikat secara resmi dengan merk kendaraan tertentu. Bengkel jenis ini umunya didirikan oleh seseorang untuk menjual sparepart atau servis kendaraan dan perbaikan kecil pada sepeda motor. Kadang bengkel yang sudah terkenal juga menyediakan jasa turun mesin untuk kendaraan yang rusak berat

3. Bengkel Tune up

Bengkel tune up merupakan bengkel spesialis merubah motor menjadi tidak standart, biasanya perubahan tersebut memenuhi permintaan pelanggan untuk merubah akselerasi atau kecepatan motor. Bengkel ini memiliki market yang kecil. Kadang bengkel ini juga menyediakan jasa modifikasi motor.

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Bengkel

Keuntungan bengkel sistem kemitraan:

  • Pemilik hanya menjalankan sistem bisnis yang sudah dipatok oleh mitra.
  • Dalam menghadapi berbagai masalah yang terkait dengan bengkel, mitra akan ikut menyelesaikannya.
  • Mitra menyediakan pelatihan-pelatihan keterampilan mekanik secara kontinu sehingga Anda bisa mengikuti teknik-teknik terbaru.
  • Mitra memberikan pedoman-pedoman reparasi yang lengkap yang sudah terstandardisasi.
  • Mitra memberikan harga khusus pembelian peralatan atau sparepart.
  • Mitra memberi fasilitas eksterior dan interior bengkel.
  • Mitra membantu mempromosikan dan memberikan material promosi.
  • Mitra menggiring pelanggan ke bengkel Anda sebab biasanya mitra memberi kartu servis berkala sebagai layanan purna jual.

Kerugian bengkel sistem kemitraan:

  • Tidak diperkenankan menservis produk kompetitor.
  • Tidak diperkenankan menyediakan sparepart pendukung yang tidak asli.

Keuntungan bengkel umum:

  • Bebas membuat dan merencanakan manajemen sendiri.
  • Bebas menservis produk apa pun.
  • Bebas menyediakan aksesoris dan menjual sparepart apa pun.

Kerugian bengkel umum:

  • Pemilik harus memiliki perencanaan manajemen sendiri.
  • Pemilik menghadapi semua permasalahan bengkel sendiri.
  • Jika tidak mengikuti teknik-teknik terbaru dan mengikuti pelatihan-pelatihan keterampilan mekanis, maka pelanggan bisa saja menjadi kecewa dengan layanan bengkel Anda.
  • Pemilik harus mempromosikan bengkelnya sebaik mungkin untuk menarik pelanggan.

Tips Membuka Usaha Bengkel

Bengkel merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan bagi kita yang ingin membuka usaha ini. Bengkel umunya selain menjual sparepart dari kendaraan juga menyediakan jasa servis kendaraan. Jumlah bengkel terhitung cukup banyak. Jadi untuk membuat usaha bengkel harus memiliki kelebihan dari bengkel bengkel lain yang ada di luar.

Tapi untuk membuka usaha bengkel ada beberapa hal uang perlu diperhatika bagi yang ingin membuka usaha ini. Karena jika beberapa hal ini diterapkan bengkel yang akan dibuka akan menghasilkan omzet yang cukup besar. Bahkan nantinya bengkel ini akan menjadi sukses dan besar seperti harapan yang diinginkan. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha bengkel:

1. Penetuan lokasi

Lokasi adalah hal yang paling dan harus diperhatikan dalam membuka usaha. jadi lokasi ini berpengaruh terhadap bagaimana sukses atau tidaknya usaha bengkel yang dikembangkan. Dalam menentukan sebuah lokasi ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Adapun hal tersebut antara lain adalah.

  • Keadaan pasar

Keadaan pasar ini berkaitan dengan bagaimana segmen pasar atau keadaan pasar yang ditentukan. Hal ini sangat penting untuk menentukan lokasi. Tentu nantinya pasar ini berkaitan dengan pelanggan yang akan mengunakan jasa bengkel yang dibangun. Lokasi yang bagus biasanya adalah lokasi yang terdapat sepeda motor.

Seperti di daerah permukiman penduduk, perumahan. Perkantoran, atau pusat keramaian. Selain itu daerah pendidikan seperti tempat kost mahasiswa atau pelajar juga segmen yang menjanjikan. Mengapa demikian, karena untuk tempat semacam ini umumnya warga kurang memiliki waktu untuk membenarkan kendaraannya sendiri. Dan gunakan tempat keramaian dan mudah dijangkau. Agar nantinya keuntungan yang didapat cukup banyak.

  • Kompetitor

Setelah mengamati keadaan pasar dalam menentukan lokasi kemudian adalah melihat bagaimana kompetitor atau pesaing dari usaha bengkel. Hal ini perlu agar nantinya usaha bengkel ini tidak kalah saing dari bengkel yang ada disekitar. Usahakan dalam membuka usaha bengkel ini berjarak kurang lebih 1 KM dari bengkel terdekat. Hal ini dimaksudkan agar nantinya tidak terlihat terjadinya persaingan.

Analisa juga bagaimana kemampuan dari masing masing bengkel kompetitor. Lihat apa kekurangan dan kelebihan dari masing masing bengkel tersebut. Gali apa yang nantinya akan menjadi kekuatan Anda dalam membuka bengkel. Jika dirasa terdapat bengkel dengan sparepart mahal turunkan dengan harga dibawah bengkel tersebut. Agar nantinya pelanggan akan memilih bengkel yang lebih murah dengan sparepart yang sama. Dan yang terpenting bersainglah secara sehat dalam membuka usaha ini.

2. Teknisi Bangkel

Teknisi merupakah hal ke 2 yang mutlak jika ingin membuka usaha bengkel. Dalam mencari teknisi usahakan cari teknisi yang memiliki pengalaman lebih. Jika Anda sendiri memiliki ketrampilan dalam memperbaiki sepeda motor maka jadilah teknisi untuk usaha ini. Dalam menjadi teknisi berlaku lah secara jujur. Dan jangan pernah melebih-lebihkan kerusakan dari motor pelanggan.

Keterbukaan teknisi juga menjadi hal yang membuat pelanggan senang. Selain itu kerja dari memperbaiki motor ini harus mahir dan memiliki settingan yang pas. Tentunya hal ini seusai dengan selera pelanggan. Alangkah baiknya jika bertanya dulu kerusakan apa dari motor dan tanyakan keinginan setingan motor kepada pelanggan.

3. Peralatan dan perangkat kerja.

Peralatan atau ketersediaan sparepart adalah hal penunjang yang penting untuk bisnis bengkel ini. Dalam menentukan tempat membeli grosiran sparepart harus ditentukan tempat yang memiliki harga murah. Selain itu ketersediaan sparepart secara berkelanjutan juga sangat penting dalam bisnis ini. Usahakan untuk selalu menyediakan sparepart jika sudah mulai habis. Selain itu harga dari sparepart harus lebih murah agar usaha ini terus berkembang.

Setelah ketersediaan sparepart kemudian adalah tersedianya perangkat kerja. Hal ini berkaitan dengan penunjang montir atau teknisi kendaraan dalam menservis kendaraan yang dipercayakan. Untuk perangkat kerja ini sediakan secara lengkap mulai dari kompresor untuk membersihkan kotoran berupa debu hingga kunci pas atau kunci kunci lain untuk menunjang servis. Tanyakan kepada teknisi jika ada kekurangan dan sediakan jika tersapat dana yang cukup untuk membelinya.

Diatas merupakan beberapa hal mendasar yang perlu diperhatikan dalam membuka usaha bengkel kendaraan. Selain modal sebagai hal mendasar untuk membangun usaha ini. Hal diatas merupakan hal yang membuat bengkel untuk terus berkembang dan menjadi sukses. Semoga beberapa info diatas bisa bermanfaat untuk membuka bisnis bengkel. Selamat mencoba!

Incoming search terms Bengkel Mobil Kuningmas Auto Care:

Page 1 of 11

Leave a Reply

Tentang Kami

Kuningmas Auto Care adalah bengkel terlengkap untuk kendaraan anda, di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Dapatkan spare part mobil dan aksesoris variasi, sarung jok, ban, accu, oli, audio, GPS, dan produk perawatan mobil, ditambah, berbagai pemeliharaan dan jasa instalasi lainnya.

 Jam Operasional 

Senin - Kamis : 7am - 5pm
Jumat : Libur
Sabtu - Minggu & Hari Libur Nasional : 7am - 5pm

 

Hubungi Kami

 Kuningmas Auto Care 

Jl. RE. Martadinata No. 18, Cijoho,

Kuningan - 45513, Jawa Barat, Indonesia

Email  : infokuningmas-autocare.co.id

Tel  Telepon Bengkel Mobil Kuningmas Auto Care : 0232-871398, Fax Faximile Bengkel Mobil Kuningmas Auto Care : 0232-873063

Call Center  : 081220019014

Facebook Account Kuningmas Auto Care  

 

Follow our Twitter

%d bloggers like this: